Art For Maunk

Sebuah Aksi Kepedulian Perupa Nusantara terhadap kelestarian Harimau Sumatera, setelah merintis kepedulian lain karena Covid-19. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) terancam punah. Harimau Sumatera menjadi satu-satunya spesies harimau tersisa yang dimiliki Indonesia, setelah kepunahan Harimau Jawa dan Harimau Bali. Ancaman perburuan liar serta rusak dan berkurangnya hutan sebagai habitat harimau membuat kelestarian satwa kharismatik ini semakin terancam.

Laporan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu- Lampung menyebutkan bahwa perburuan menggunakan jerat menjadi pemicu utama kematian dan kehilangan individu harimau Sumatera di Bengkulu. Dalam kurun 12 tahun terakhir ada 13 ekor harimau korban konflik dan perburuan yang diselamatkan petugas BKSDA. Saatnya sosialisasi program penyelamatan harimau Sumatera ini diperluas ke daerah-daerah lain.

Program Pameran ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juli – 30 Juli 2020 sekaligus Peringatan Hari Harimau Sedunia atau Global Tiger Day (GTD) setiap 29 Juli layak dijadikan momentum untuk memperjuangkan penyelamatan Harimau Sumatera, menyoroti kasus perburuan harimau Sumatera dengan jerat.

Gagasan Pameran Peduli Harimau ini bertajuk Art For Maunk diharapkan kita tidak terlalu terlena dengan pandemi covid-19, masih banyak yang harus kita perhatikan saat ini selain menghadapi keadaan virus corona yang melanda dunia.

Mudah-mudahan dengan gerakan ini penyadaran masyarakat bisa terbangun untuk saling mengingatkan dalam upaya pelestarian Harimau, Pemerintah  lebih Fokus untuk menjaga habitat dari Harimau ini.

Beberapa hal penting mengenai Pameran ini adalah :

  • Peserta adalah Seniman, Pelajar, Mahasiswa dan Umum dari berbagai Wilayah Indonesia Karya Berupa 2D (Lukisan, Batik dll ) dan 3D (Patung, dll)
  • Karya Layak Pameran dan Layak Jual
  • Media dan Teknik Bebas
  • Ukuran Karya 2 D : Ukuran Karya Minimal 70 x 70 cm – Max 2 x 2 m Karya 3 D : Min 50 cm – Max 2 m
  • Karya yang Lolos Kurasi akan diumumkan pada : Tanggal 25 – 30 Juni 2020

Informasi : https://gbsri.com/pameran-online/
Formulir Pendaftaran : https://gbsri.com/formulir/art-for-maunk/