Pameran Seni Rupa Eksplorasi Media #2

Pameran Seni Rupa Eksplorasi Media#2,  yang akan digelar pada tanggal 5-15 September 2019 di Resto Hotel Mangkubumi Kota Tasikmalaya,  merupakan salah satu media untuk mengekspresikan potensi dan kreativitas seniman Tasikmalaya dalam bidang seni rupa. Dalam hal ini, potensi dan kreativitas yang dimaksud, yaitu potensi untuk mengeksplorasi dan mengaplikasikan materi serta gagasan seni ke dalam sebuah karya dengan kreativitasnya masing-masing (Para seniman diberi kebebasan untuk mengolah limbah atau barang yang sudah tidak terpakai sebagai media untuk berkarya). Dengan potensinya itu, maka diharapkan Pameran Seni Rupa Eksplorasi Media#2 kali ini, dapat menampilkan karya seni rupa 2 dimensi atau 3 dimensi dengan berbagai medium, teknik, ide dan interpretasi pribadi dalam menggambarkan realitas yang dipilih untuk divisualisasikan. Dalam persfektif ini, tentunya ada diversifikasi dan intensifikasi dalam mengeksplorasi dan mengaplikasi materi dan gagasan seni yang dilakukan oleh seniman dalam mewujudkan gagasan-gagasan kreatifnya dalam berkarya.

Pameran Seni Rupa Eksplorasi Media#2 kali ini, tema yang dipilih yaitu “Kreativitas Menuai Benefit”. Mengenai tema tersebut, Afrudin selaku penggagas sekaligus motor kegiatan pameran menyebutkan bahwa kehadiran karya seni rupa, pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dari adanya potensi dan kreativitas seseorang dalam berkarya. Dalam hal ini, potensi dan kreativitas yang dimaksud yaitu adanya kemampuan untuk menemukan, membuat, merancang ulang, serta memadukan hal atau gagasan baru maupun lama menjadi kombinasi baru. Oleh karenanya, kehadiran kreativitas dalam berkarya seni rupa, harus terus dibina dan dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Kehadiran kreativitas dalam berkarya seni rupa, diharapkan akan ikut mendorong dan meningkatkan kemampuan seseorang dalam berkarya. Oleh karenanya, dalam proses ini dibutuhkan kemampuan dan kemauan seseorang untuk menggali ide dan gagasan kreatifnya menjadi lebih banyak lagi. Melalui seni rupa, seseorang mendapat kesempatan untuk mencurahkan segala hal yang ada dalam pikiran dan perasannya selama ini. Ia pun mendapatkan ruang kreatif untuk membuat dan mencipta karya seni rupa baru atau mengarah pada konteks kebaruan sesuai dengan ‘bentuk ekspresi’ yang dipilihnya.

Dalam proses selanjutnya, melalui Pameran Seni Rupa Eksplorasi Media#2,  diharapkan dapat menunjang peningkatan kualitas kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif dalam kehidupan masyarakat. Kegiatan ekonomi kreatif merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan produktif yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan dan bakat seseorang. Dalam proses ini, dibutuhkan kreativitas dalam menciptakan “Produk Kreatif”, yang berguna bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Selain itu, Kegiatan ekonomi kreatif, diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rasa dan keterampilan berolah seni, sehingga tercipta produk karya yang bernilai estetis dan ekonomis tinggi.

Untuk mencapai hal itu, dibutuhkan kreativitas tinggi dalam mengolah ide, gagasan dan pemikiran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan pasar. Dalam kondisi ini, para seniman harus mengeksplorasi bahan, media dan alat yang bisa digunakan untuk membuat desain atau produk baru yang orisinil, dan bernilai ekonomis tinggi. Selain itu, dengan kreativitasnya itu, para seniman disadari atau tidak akan memperoleh benefit atau keuntungan dari produk kreatif yang dihasilkanya. Sehingga hal ini dapat menguntungkan bagi semua pihak, termasuk di dalamnya akan meningkatkan kesejahteraan dan tarap hidup seniman dan masyarakat secara keseluruhan. Selamat Pameran! ***