Mengembangkan Imajinasi dan Menghasilkan Karya Bermanfaat

Ilustrasi Hasil Karya : Isma Bim2

Albert Einstein, seorang ahli fisika yang sangat berpengaruh dalam sejarah pernah mengatakan, “Nalar hanya akan membawa anda dari A menuju B, namun imajinasi dapat membawa anda dari A kemanapun”. Lalu bagaimana caranya menggunakan imajinasi, sehingga hal tersebut dapat menjadi kekuatan kita?

Masing-masing orang tentunya memiliki cara tersendiri untuk berimajinasi. Akan tetapi, jika dilihat dari arti katanya yang mengatakan bahwa imajinasi dihasilkan berdasarkan kenyataan atau pengalaman, maka dapat disimpulkan bahwa semakin banyak pengalaman yang kita miliki, imajinasi kita akan makin terasah dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari banyak hal baru dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman.

Semakin banyak membaca, melihat, mendengar dan merasakan berbagai macam hal yang kreatif dan positif, maka kemampuan imajinasi kita akan makin meningkat, sehingga kita dapat menghasilkan karya yang baik dan bermanfaat. Akan tetapi, seorang yang sering berimajinasi juga sudah pasti memiliki hambatan yang membuatnya tidak bisa mengimplementasikan ide dan pemikirannya menjadi suatu karya yang baik.

Terdapat berbagai macam faktor yang dapat menghambat proses berimajinasi menjadi suatu karya. Di antaranya adalah kurangnya percaya diri dengan ide yang dimiliki, sehingga imajinasi yang ada hanya menjadi sebatas ide atau angan saja, tanpa ada tindakan atau implementasinya. Selain itu, sering kali, imajinasi yang kita miliki terkesan terlalu tinggi atau tidak realistis. Hal tersebut karena imajinasi tidak diikuti dengan proses belajar, merasakan kegagalan dan menemukan jalan keluar. Dalam hal ini, kita terlalu takut atau terlalu malas untuk mencoba.

Tentunya masih banyak hal lain lagi yang dapat menjadi hambatan kita untuk mengembangkan imajinasi maupun mengimplementasikannya. Mulai dari sumber daya, lingkungan sekitar, maupun karakter kitapun dapat menjadi hambatan. Tetapi, dengan ketekunan dan semangat yang pantang menyerah, imajinasi kita dapat tersalurkan dengan baik.

Bayangkan saja jika pada waktu yang lalu para penemu merupakan orang yang mudah menyerah. Pastinya banyak sekali teknologi dan kemudahan yang tidak bisa kita nikmati sekarang.

Secara pribadi, sayapun masih perlu banyak belajar untuk terus mengembangkan imajinasi dan mengimplementasikannya menjadi suatu karya dan hasil yang bermanfaat.

Oleh karena itu, dengan ketekunan, memperbanyak pengalaman, serta berani mencoba hal-hal baru dan keluar dari zona nyaman, mungkin saja banyak hal luar biasa yang dapat kita lakukan. Mari terus ciptakan semangat positif.

Pikiran Positif + Imajinasi + Ketekunan = Karya yang Bermanfaat

Salam Semangat! ***
 
Sumber : https://www.kompasiana.com/harrydethan/